Art Project di Leipzig (4)

Art Project di Leipzig (4)

Baca juga : Art Project di Leipzig (3)

Jumat 23 Juni 2017
Seperti biasanya kegiatan masih dimulai dari jam 10 pagi di Poge Haus Leipzig. Kali ini lebih pada mendata kesiapan material dan menuliskan deskripsi tentang gagasan presentasi yang akan dilakukan. Sebuah dinding kosong kemudian dibuat tabeling dengan marka lakban kertas. Setiap seniman diberi tempat untuk menempelkan temuan yang terbaru tentang apa yang sudah didapat dan yang akan direncankan dalam minggu ini.

Siang harinya sekiar pukul 14.00, saya bersama Gii (visual artist), Juliane (aktor teater), Oscar (video artist) di ajak oleh Heike (koreografer) untuk mengunjungi sebuah komunitas para lansia. Jadi semacam playground dimana para lansia beserta kelompoknya bisa melakukan aktivitas kreatif, percakapan, membuat kerajinan, bermain kartu, scrabel, dan lainnya.

Awalnya saya menyangka tempat ini adalah Panti Wreda ternyata bukan. Ini memang semacam wadah atau ruang untuk kegiatan para lansia di Leipzig agar mereka tetap memiliki kegiatan positif di usianya yang senja.
Kami mengamati salah satu kelompok yang membuat rajutan atau tenun manual dengan tangan. Oleh ibu-ibu yang usianya rata-rata diatas 70 tahunan bahkan ada yang mendektai 90tahun. Mereka masih asik melakukan kegiatan merajut benang dengan teliti membuat baju anak, syal, slayer, taplak meja dan lainya. Salah satu ibu yang pada saat itu menjadi perhatian ketika dirinya membuatkan rajutan benang pesanan Heike yang kelak benang tersebut akan digunakan sebagai hand property presentasi pada tanggal 1 Juli 2017.

Mereka ibu – ibu lansia itu menikmati betul kegiatannya bahkan mereka sangat bangga ketika hasil karyanya bisa dimiliki atau digunakan bahkan disenangi oleh yang mereka kasih. Disinilah kemudian saya melihat dari wajah mereka sebuah ketulusan terhadap sebuah karya yang meskipun kecil tapi mereka mempersembahkannya dengan kerelaan dan keiklasan.

#WhaniDProject adalah lembaga pelatihan pengembangan diri dan korporasi yg mengambil titik pijak pada psikologi dan keilmuan seni peran dalam teater (psycho theatre). Dua bidang yg ditangani adalah Theatre for Profesional (menangani pelatihan untuk para profesional di bidang masing-masing : komunikasi, public speaking, dll) dan Theatre for Art ( pelatihan calon aktor dan pendalaman materi estetika teater untuk kepentingan sosial kemasyarakatan ). Berdiri 2013, di Yogyakarta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: