News Pencak Malioboro Festival

BIOGRAFI PARA PEMBICARA (2)

BIOGRAFI PARA PEMBICARA (2)

Pengantar

Pada tanggal 15 Agustus 2017 Rangkaian agenda Pencak Malioboro Festival (PMF) 2017 akan dimulai. diawali dengan acara Seminar Sehari Kajian Silat dengan tema Silat Seni, Seni Silat. Whanidproject menurunkan biografi mereka satu persatu dalam beberapa hari berkala ke depan. Silahkan menyimak.

EMRI RANGKAYO MULIA
Lahir di nagari Sungai Pua, Agam, Sumatera Barat. Bakat seni tumbuh secara natural dari lingkungan keluarganya yang secara turun temurun memproduksi Talempoang, alat musik tradisional Minangkabau pada Bengkel Kuningan Pusako Minangkabau dan melalui lingkungan keluarganya juga yang mendirikan Perguruan Silek Baringin Marapi pimpinan Syafni Sutan Rangkayo Mudo pulalah yang sejak kecil mengenalkan dan mengajarkan tentang Silek.

Dorongan lingkungan itu jugalah kemudian yang tumbuh dalam dirinya untuk memilih studi di SMKI (Sekolah Menengah Karawitan Indonesia) Padang jurusan Seni Tari, yang lanjut ke tingkat sarjana di ASKI (Akademi Seni Karawitan Indonesia) Padangpanjang jurusan Seni Tari, hingga mencapai tingkat magister di Program Pascasarjana ISI (Institut Seni Indonesia) Padangpanjang dengan minat Penciptaan Seni Tari.

Pengalaman kreatifnya terbilang luar biasa. Bersama istrinya, Susas Rita Loravianti, mendirikan Sanggar Sikambang Manih Padangpanjang dan telah sering memproduksi pertunjukan tari, musik dan drama tari untuk berbagai even di tingkat Sumatera Barat, nasional, maupun di Malaysia dan Singapura. Emri Rangkayo Mulia juga tergabung dalam kelompok musik Talago Buni pimpinan Edi Utama yang telah melanglang buana ke berbagai negara di Eropa dan Amerika. Secara personal ia pernah melatih kepekaan musik dan Silek di Peracis selama 6 bulan. Selain sebagai dosen di program studi Seni Tari Fakultas Seni Pertunjukan ISI Padangpanjang, ia juga dipercaya untuk melatih Silek dan Randai bagi mahasiswa asing di ISI Padangpanjang, setelah selama 9 tahun sebelumnya bertugas sebagai tenaga laboran. Saat ini juga aktif dalam lembaga lintas disiplin Indonesia Performance Syndicate Padangpanjang. ***

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.