Kolase Teater Yogyakarta News

KOLASE TEATER YOGYAKARTA

Kolase Teater  Yogyakarta kali ini mengangkat 6 naskah Whani Dharmawan yaitu Sengsu, Toa, Master Chef, Tukang Kayu, Alien dan Teater game. Ke enam naskah ini tidak jauh dari problematika dan peristiwa di dekat kita.   Terkadang peristiwa yang hadir di sekeliling kita adalah sesuatu yang tak disadari, berlalu begitu saja. Akan tetapi dalam konteks ini, Whani Darmawan seolah gelisah dengan apa yang terjadi disekelilingnya. Tidak serta merta mengkritik atau mengkoreksi akan tetapi coba menghadirkan perenungan ataupun sindiran terhadap peristiwa yang ada. Hal ini membuktikan bahwa sangat penting kesadaran terhadap peristiwa yang berjalan ataupun yang dijalani.

Pihak Whanidproject yang diberikan tanggung jawab oleh panitia FKY untuk menggarap pertunjukan ini akhirnya memberikan kepercayaan kepada Suryadi Sali dan Yopi Hendrawan untuk mewujudkan gagasan dalam naskan tersebut ke dalam bentuk pertunjukan. Lahirlah proses pemujudan teks ke dalam bentuk artistic panggung. Sehingga muncul sebuah gagasan “Kolase”.

Kolase  

Sangat mungkin dalam satu waktu, satu ruang yang sama terjadi peristiwa yang berbeda-beda dan berlangsung secara bersama,”pendapat Yopi Hendrawan. Opini ini kemudian menjadi dasar membentuk pertunjukan dalam konsep kolase. Enam naskah Whani Darmawan yang menghadirkan bentuk peristiwa yang berbeda ini akan dipertunjukan dalam ruang yang sama dan waktu yang sama.

Pasar dan café bukanlah ruang alternatif, begitu pendapat Suryadi Sali yang memberikan tawaran untuk menempatkan teks tersebut ke dalam bentuk pasar dan café. Pertunjukan ini akhirnya akan mengambil latar pasar dengan segala kegiatan yang memang berlangsung sebagaimana mestinya dan juga café dengan segala aktifitas nyata yang terjadi. Sehingga kehadiran pertunjukan bukan memakai satu carapandang konvensional melainkan melakukan pertunjukan sebagaimana mestinya dengan merespon ruang yang ada. Sehingga blocking, acting, dan irama pertunjukan yang dimainkan merupakan respon actor terhadap sebuah latar, sesuatu yang momentual. Dan pertunjukan ini akan dibungkus dalam satu tema besar Pasar “Kaget”.

Pemain dan Tim

Pemain yang akan bermain dalam pertunjukan ini yaitu Henricus Benny, Mathori Briliyan, Afra Imani, Nanda Arif Arya, Pasa Deparaga dan Syarifah Achda. Ke enam pemain ini merupakan hasil seleksi dari program open call actor yang dilakukan oleh WhanidProject yang selanjutnya di damping secara terprogram selama 12 kali pendampingan. Beberapa pendamping yang ikut dalam program Kolase Teater Yogyakarta ini adalah Eko Ompong Santosa, Whani Darmawan, Suryadi Sali dan Yopi Hendrawan.

More Galeries 

Leave a Reply