Eduteater

Mementaskan Fragmen Part 4

Mementaskan Fragmen Part 4

Baca juga : Mementaskan Fragmen Part 3

Setelah latihan terakhir selesai, selanjutnya diadakan diskusi untuk mengevaluasi jalannya seluruh latihan. Dari diskusi ini kemudian dapat ditentukan apakah karya siap dipentaskan ataukah masih memerlukan pembenahan. Jika masih membutuhkan pembenahan maka segera ditentukan hal-hal yang perlu dibenahi. Dalam tahap ini pembenahan tidak boleh menyangkut persoalan yang besar misalnya mengganti kostum atau mengubah tata letak perabot.

Pembenahan yang bisa dilakukan adalah;

  1. Tata cahaya ; warna cahaya dan intensitas cahaya (letak lampu sebaiknya jangan diubah karena akan memakan waktu yang lama).
  2. Musik ilustrasi; volume, tempo, dan timming.
  3. Rias dan busana ; kerapian busana, tebal tipis rias, dan beberapa hal kecil yang tidak membutuhkan penyesuaian waktu lama dan tidak mengubah karakter pemain.
  4. Tata panggung ; penambahan hiasan-hiasan kecil/pemanis. 

Setelah pembenahan ini disepakati dan dikerjakan maka selanjutnya gladi bersih dapat dilakukan serta dilanjutkan hari berikutnya dengan pementasan sesungguhnya. Sebelum pelaksanaan gladi bersih akan lebih baik jika pemain diliburkan satu hari untuk memberi kesegaran dan mendapatkan kembali tenaganya setelah melaksanakan serangkaian latihan. Libur di sini bukan berarti tanpa kegiatan. Pemain tetap melakukan rileksasi dan latihan olah rasa demi menjaga stamina dan konsentrasi.

Pelaksanaan gladi bersih dan pementasan akan memberikan hasil maksimal jika semua pemain berada dalam kondisi fit dan siap untuk bermain. Oleh karena itu usaha yang dilakukan dan tenaga yang dikeluarkan haruslah proposional. Pementasan akan tidak ada artinya jika para pemain terlalu berlebihan dalam melakukan aksi. Hal ini akan membuang-buang tenaga dan menghasilkan pertunjukan yang membosankan. Oleh karena itu jagalah irama permainan dengan tetap fokus pada peran. Selamat berpentas. (***)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.