News Pencak Malioboro Festival

PENCAK WISATA BUDAYA

PENCAK WISATA BUDAYA

Salah satu hal baru yang ada di menu Pencak Malioboro Festival 2017 kali ini adalah adanya menu Pencak Wisata Budaya. Pencak Wisata Budaya adalah program pengenalan pencak nusantara dan berbagai ragam sub budaya yang melingkupinya.

Pencak Wisata Budaya dipusatkan di dua tempat. Tempat pertama adalah guesthouse Omahkebon, Nitiprayan, Bantul, Yogyakarta dan yang kedua di Embung Kaliaji, desa Sangurejo, Sleman, Yogyakarta.

20an peserta yang sudah melakukan konfirmasi berasal dari beberapa negara. Antara lain Singapura, Malaysia, Australia, Perancis, Jerman dan Italia. Selama empat hari berturut-turut para peserta ini akan mengikuti beberapa workshop pencak Nusantara. Antara lain dari Perguruan Silat Gerak Gulung Budidaya, Perguruan Pencak Silat Patikaman, serta terlibat aktif dalam aktifitas kultural lainnya, seperti kunjungan ke tempat pembuatan keris, belajar panahan model Mataraman, dan langsung terlibat dalam pawai besar PMF 2017 di sepanjang Malioboro hingga titik 0 km.

Acara yang cukup mengundang minat para pesilat dari manca negara ini akan ditutup dengan acara lingkaran api unggun kecil dan diskusi informal di Omahkebon pada tanggal 20 Agustus 2017 malam, dengan melibatkan para tokoh Budayawan Di Yogyakarta, antara lain Widihasto Wasana Putra, yang akan melakukan salam ‘thanks to’ kepada para peserta dengan tema “Silat dari Yogya untuk Dunia.”

Seluruh acara ini terselenggara berkat kerjasama dari beberapa pihak : komunitas Paseduluran Angkringan Silat (PAS) Yogyakarta, Lembaga Dokumentasi Silat Nusantara Tangtungan Project dan Lembaga Pengembangan Pribadi dan Korporasi Whanidproject. ****

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.