Teatrika

Perihal Olah Tubuh (IV) : Olah Tubuh Ketahanan

Jurnal Seni Peran Whani Darmawan

Sudah pasti bahwa aktor sebaiknya memiliki stamina yang prima dalam menjalankan tugasnya. Dalam point ini sub kegiatan yang disarankan adalah (1) jogging, (2) dasar beladiri tertentu (3) pernapasan.

Apakah pernapasan termasuk olah tubuh? Tentu saja jika ukurannya adalah verbal tubuh, bukan. Tetapi dalam term meditasi, pernapasan dengan gerak ragawi – tai chi – misalnya disebut sebagai moving meditation atau meditasi bergerak. Dimasukkannya unsur pernapasan dalam sub bagian ini dengan alasan hal apapun yang memiliki sumbangan terhadap terbentuknya stamina bisa dikategorikan masuk di dalamnya.

  1. Jogging adalah salah satu bentuk olahraga yang mengolah kekuatan paru-paru, jantung dan melancarkan peredaran darah.
  2. dasar-dasar beladiri yang saya maksudkan adalah dari aliran PGB Bangau Putih terutama Pemanasan Wajib (gulingan depan, gulingan belakang, gulingan samping). Dalam suatu keterangan tertulis guru Gunawan Raharja mengatakan gerakan-gerkan tersebut berguna untuk menghidupkan jalur meredian depan, belakang dan samping. Jalur meredian itulah yang akan memuat hadirnya energi dalam tubuh. Energi yang dimaksudkan dalam hal ini tak bersifat verbal tetapi juga bukan berarti ia bersifat gaib. Energi lebih dekat pada pemahaman fisika. Maka dikaji pun sebenarnya bisa.
  3. Olah pernapasan juga memiliki sumbangan penting bagi hadirnya stamina. Salah satu contoh adalah pernapasan yang ada dalam delapan pernapasan Shaolin, Ba Dua Jin, yang dipercaya bisa meningkatkan stamina (banyak orang menyebut tenaga dalam) dengan serangkaian pembuktian paling verbal adalah motif pemecahan benda-benda keras. Tetapi aktor tak perlu melakukan pembuktian itu (kecuali kasus tertentu dibutuhkan). Yang paling penting adalah mengransformasikan kekuatan tersebut dalam pekerjaannya.

Baca juga : Perihal Olah Tubuh (III) ; Pengetahuan Anatomi

Banyak ragam olah tubuh hal yang masih bisa ditelisik mengenai hal ini untuk kepentingan pembangunan stamina. Secara fisikawi bisa saja hal itu dibuktikan. Lebih dari sekedar penelitian secara ilmiah tugas aktor yang utama adalah menandai melalui sensasi pembuktian-pembuktian pengalamannya. ****

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.