News

Rafaat Haji Hamzah, Whanidproject dan Lanjong Art Festival 2017 (3)

Rafaat Haji Hamzah, Whanidproject dan Lanjong Art Festival 2017 (3)

 Bigorafi dan Sinopsis.

Rafaat Haji Hamzah adalah pekerja seni pertunjukan dan sastra yang tumbuh dan besar di negeri Singa, Singapura. Nyaris multi talent, oleh karenanya lulusan Diploma Seni Halus (arca) dari Maktab Kesenian La Salledan Sarjana mudq dari Royal Melbourne Institut of Technology Austalia ini menguasai beberapa cabang seni sekaligus. Kecuali menjadi aktor laki-laki setengah abad ini sering merangkap menjadi sutradara, penulis script, penyair dan produser. Bukan hanya seni panggung yang dia jelajahi tapi juga seni audio visual (film). Salah satu showreel film mini serinya yang bertajuk Cokelat bisa disimak di youtube dengan alamat https://youtube.be/cD3Jiwbq20A.

Pada kesempatan eksibisi dalam forum seleksi Surakarta untuk Lanjong Art Festival yang akan diadakan tanggal 8-9 Juni 2017 di pendapa Mekar Kusuma, Jl Yos Sudarso no 72, Pungawan, Banjarsari, Surakarta, pk 20.00 wib ini, Rafaat akan menampilkan lakon yang direkanya sendiri, yakni ‘Tuhan, Kenapa Kau Tumpahkan Kopiku.’

Apa yang akan Rafaat ceritakan dalam lakon tersebut?

Dalam wawancara via whatsapp dia menulis, ‘Manusia dalam kesadaran seperti apapun terkadang lupa bahwa mereka bukan Tuhan. Tetapi dalam kehidupan keseharian, tidak sedikit dari diri kita yang jumawa dan memainkan peran seolah-olah kita Tuhan. Padahal hanya kepada secangkir kopi pun kita tak kuasa ketika tanpa sebab ia harus menggelimpang dan tumpah menyiram tanah.’ Pengagum dramawan Ikranegara ini juga menyampaikan bahwa pertunjukanny yang kurang lebih berdurasi 15 menit itu bersandar pada gagasan realis minimalis.

Nanti malam nonton yuk, (**)

One thought on “Rafaat Haji Hamzah, Whanidproject dan Lanjong Art Festival 2017 (3)”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.