Reprogramming WdP

Pada tanggal 30 Agustus 2017 pukul 19.00 WdP mengadakan pertemuan untuk membicarakan penataan ulang organisasi dan programnya. Pertemuan dihadiri Whani Darmawan, Sondang Rumapea, Galuh, Andri, dan Eko. Persoalan utama yang menjadi subyek pembicaraan adalah legalitas organisasi terkait penyesuaian bentuk dan bidang garapan. Untuk mendukung hal tersebut diperlukan kelengkapan deskripsi/material untuk corporation identity serta pembagian ranah pekerjaan. Soalan ini menyangkut kontinuitas program yang akan ditetapkan dan dijangkau dalam kurun waktu tertentu atau setiap tahun kerja. Penjenisan ranah atau bidang garapan memang tidak semudah yang dibayangkan karena aspek legal formal memiliki bahasanya sendiri termasuk di dalamnya bentuk organisasi yang tepat.

Senyampang hal tersebut diolah dan dipersiapkan, WdP juga mulai menghitung dan menata ulang program tahun berjalan yang hanya menyisakan beberapa bulan. Cadangan program yang ada dipilah sesuai dengan bidang Theater for Professional, Theatre for Art dan Eduteater. Selanjutnya disisir kemungkinan pelaksanaan dengan waktu tersisa. Untuk tahun 2017 beberapa program dapat dilaksanakan di antaranya adalah pementasan Theatre by Request (TbR), Kuliah Umum Manajemen Seni, Parade/Festival Monolog ASEAN-Three dan jasa penerbitan buku. Selain program, WdP juga mulai mendata rekanan atau partner yang pernah dan akan diajak kerjasama untuk melancarkan keterlaksanaan program. Di sisi lain kemungkinan pelaksanaan program yang telah direncanakan tahun ini untuk tahun 2018 juga mulai dipilah.

Untuk mewujudkan program tahun 2017 di sisa waktu tersedia, kegiatan pendahuluan perlu dilakukan di anataranya; diskusi teknis dan artistik mengenai pelaksanakan parade monolog, pemilihan dan pemilahan materi buku untuk diterbitkan, penentuan waktu dan lokasi untuk pementasan TbR serta materi dan audien untuk kuliah umum. Sebagai dukungan semua program, pengelolaan website dan instrumen publikasi lain perlu ditinjau kembali serta disempurnakan. Dengan semangat kebersamaan dan kegairahan, WdP akan berusaha keras untuk mewujudkan semua program tersebut. (**)

Leave a Reply