Eduteater

SELINTAS TENTANG PANTOMIM – 1

SELINTAS TENTANG PANTOMIM – 1

Pantomim merupakan pertunjukan dramatik yang mana cerita disampaikan atau tema dikembangkan melalui ekspresi tubuh dan wajah. Asal-muasal pantomim dapat dilacak kembali ke pertunjukan lelucon klasik dan masa commedia dell’arte di Italia. Tidak semua pertunjukan pantomim bisu. Pertunjukan pantomim yang sepenuhnya dipentaskan tanpa suara atau bisu pertama kali ditampilkan di Roma (zaman Romawi). Pementasan pantomim pada masa-masa itu seringkali digunakan sebagai bentuk pemujaan.

Pemain pantomim dapat disebut sebagai “mime”, namun istilah ini juga merujuk pada pantomim itu sendiri (isitilah lain untuk menyebut pemain pantomim adalah mimer, mummer, pantomimer, dan pantomimis). Seorang pemain pantomim dalam pementasannya selalu menyajikan keterampilan imajinatif dan ilustratif. Penonton menggali makna pertunjukan melalui gerak-gerak tubuh di mana di dalamnya terkandung gagasan, impresi, sensasi, dan karakter yang diperankan. Pantomim dapat dipentaskan secara tunggal ataupun berkelompok.

Mementaskan pantomim membutuhkan kekuatan fisik dan mental. Oleh karena itulah seorang mimer perlu mempersiapkan diri dengan latihan-latihan. Tubuh pemain pantomim haruslah kuat dan lentur sehingga mudah beradaptasi dengan perubahan bentuk dan gerak secara ekspresif terkait karakter. Ekspresi wajah dapat memberikan beragam makna dalam persembahan pantomim. Semua perubahan dan ekspresi tersebut harus dilakukan dengan luwes dan rileks. Sebagai sebuah bahasa komunikasi pantomim dapat diasumsikan sebagai bahasa awal sebelum bahasa verbal (suara) digunakan oleh manusia. (**)

Diterjemahkan secara bebas dan disarikan dari: www.freeessays.cc/db/49/toi204.shtml

2 thoughts on “SELINTAS TENTANG PANTOMIM – 1”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.