News

Semangkuk Sup Makan Siang atau Cultuurstelsel

13726716_550306251819149_544492589713412041_n

 

Dimainkan oleh Aktor Theodorus Christanto, Rendra Bagus Pamungkas dan Whani Darmawan. Naskah dan sutradara dipercayakan kepada GM Toto Hedi Santosa

Sebuah drama panggung yang mengolah kemampuan para aktor teater profesional berpadu dengan ketajaman musisi mengolah suasana di tengah tatapanggung yang menyuguhkan sergapan visual sebuah ruang intim yang membawa audience terlibat dalam sebuah peristiwa seni (estetika) bersama.

Sebuah percakapan retrospektif perihal KITA sebagai bagian dari gerak perubahan menjadi Indonesia yang KITA cita-citakan bersama. Salah satu titik penting perjalanan sejarah Indonesia yaitu peristiwa Tanam Paksa atau Cultuurstelsel menjadi pijakan retrospeksi bersama ini.

Adalah sebuah pagi dimana orang memulai sesuatu. Demikian halnya pagi itu, dua orang menata dan membenahi sebuah “ruang keluarga” dimana hampir seluruh kegiatan domestik sebuah “keluarga” bertumpu di sana. Keluarga lebih sebagai sebuah makna arsitektural dibandingkan pranata sosial. Dimana ikatan-ikatan selalu terjadi tetapi hampIr mustahil dijelaskan. Ikatan yang meski rentan tapi rupanya begitu kuat sekali. Sehingga tercipta kerjasama sekaligus ketergantungan yang akut di antara mereka. Mereka bercakap tentang banyak hal dan seperti tidak menyadari kenapa hal itu diperbincangkan. Dan itu selalu terjadi dan berulang terjadi menuju perayaan kemerdekaan yang sebentar lagi datang.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.