SEMINAR SEHARI KAJIAN SILAT (1)

SEMINAR SEHARI KAJIAN SILAT (1)

Seminar di gelar pada tanggal 15 Agustus 2015, pk 09.00-16.00 wib, di gedung Seminar Fakultas Ilmu Religi Budaya, Universitas Shanata Dharna, Yogyakarta. Bagian dari rangkaian Pencak Malioboro Festival 2017. 15-20 Agustus 2017.

TOR : Seni Silat, Silat Seni
Apakah silat sungguh-sungguh hanya memiliki makna dan fungsi tunggal? Sebagaimana persilangan nilai dalam kehidupan ini rasanya ‘segala sesuatu’ hampir mustahil bermakna tunggal, begitu pun dengan pintu masuknya. Silat menjadi lebih bermakna ketika masing-masing orang memiliki temuan  yang beragam ; silat sebagai ilmu kesehatan raga, silat sebagai jalan pencerahan spiritual, silat sebagai paradigma hidup, silat sebagai jalan hidup, silat sebagai jalan theologis, silat sebagai seni.
Silat sebagai seni dalam hal ini secara spesifik memang seni pertunjukan, namun hal itu hanya sebagai pintu masuk. Secara mendalam seni yang dimaksudkan dalam hal ini sebagai seni kajian itu sendiri, dari wacana kebertubuhan, materialisasi seni hingga spiritualitas dan theologi.

Para Pembicara
Narasumber : Bp Gunawan Rahardja, guru besar PGB Bangau Putih, Bogor (dalam konfirmasi)

Pembicara :

  1. DR Eko Supriyanto as Eko Pece (dancer, koreografer, pesilat dari perguruan silat Budaya Indonesia Mataram/ BIMA Yogyakarta
  2. Gusman Natawijaya (Sejarawan, Peneliti dan pelaku Silat)
  3. Emri Rangkayo Mulia Aja,S.sn, (Dosen Prodi Seni Tari FSP ISI Padang Panjang,      Guru Silat, KoreoGrafer)
  4. Wendy HS S.sn, MA (Dosen Jurusan Teater ISI Padangpanjang)

Moderator  Yustina Devi Ardhiani, M.Hum.  (Dosen Universitas Sanata Dharma, prodi   Ilmu Religi Budaya)

Bersambung….

#WhaniDProject adalah lembaga pelatihan pengembangan diri dan korporasi yg mengambil titik pijak pada psikologi dan keilmuan seni peran dalam teater (psycho theatre). Dua bidang yg ditangani adalah Theatre for Profesional (menangani pelatihan untuk para profesional di bidang masing-masing : komunikasi, public speaking, dll) dan Theatre for Art ( pelatihan calon aktor dan pendalaman materi estetika teater untuk kepentingan sosial kemasyarakatan ). Berdiri 2013, di Yogyakarta.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: