News Pencak Malioboro Festival

SEMINAR SEHARI KAJIAN SILAT (2) :JOBDES PARA PEMBICARA

SEMINAR SEHARI KAJIAN SILAT (2) :JOBDES PARA PEMBICARA

– Bp Gunawan Rahardja (dalam konfirmasi) menyampaikan pandanga silat secara holistik bagi kemuliaan hidup manusia. Silat menjadi upaya sehat menelisik kepribadian manusia, baik secara mind, body dan soul — sebagai suatu gerakan budaya.

– DR Eko Pece Supriyanto (Kebertubuhan Antara Silat dan Tari)Silat dan tari punya dasariah pijakan kreatif, yakni gerak tubuh. Tetapi apakah yang membedakan antara keduanya? Bagaimanakah transformasi silat ke tari, atau bahkan sebaliknya?  – Gusman Natawijaya (Sejarah dan Perkembangan Silat Nusantara)Sejarah perkembangan silat mutakhir hingga 2017. Bukan saja dalam bentuk tetapi juga organisasi dan reproduksi jurus. Bagaimana keterlibatan silat dalam kancah revolusi dan politik di Indonesia?)

– Emri Rangkayo Mulia Aja,S.sn (Pertumbuhan silat Minang dalam aspek seni dan adat dari zaman ke zaman)Silat sebagai beladiri konon satu  setel dengan pendidikan karakter dan adat istiadat. Karenanya sikap santun, jujur, berani karena benar, pantang mundur, diharapkan menjadi watak Karenanya setiap laki-laki musti cukup membekali diri untuk dibawa bekal menempuh kehidupan luas. Metode yang seperti apa yang bisa membuat visi misi pembanguna karakter tersebut masuk ke anak didik? Apakah hal itu dihari kini di Minang masih berlaku? Bagaimana transformasi antara silat dengan Randai terkawinkan?

– Wendy HS, S.sn, (Silek dan Etnosience Minangkabau)Menurut para antropolog dunia  beladiri adalah capaian puncak pengetahuan masyarakat etnik pra pendidikan ala eropa. Dari perspektif itu akan diurai lebih jauh soal puncak pengetahuan masyarakat etnis Minangkabau melalui silek. Mulai dari ruang belajar yang disebut surau dan perilaku yang disebut Pandeka.
Acara terlalaksana berkat kerjasama- Komunitas Paseduluran Angkringan Silat Yogyakarta- Lembaga Dokumentasi audio visual silat Tangtungan Project- Lembaga Pengembangan Pribadi dan Korporasi WhaniDProject (www.whanidproject.com)- Fakultas Ilmu Religi Budaya  program studi S2, Universitas Shanata Dharma, Yogyakarta. ****

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.