Kolase Teater Yogyakarta News

TECHNICAL MEETING KOLASE TEATER YOGYAKARTA

“Kumpul Bareng Calon Aktor”

Hampir 90 menit, pertemuan para calon aktor dengan kawan-kawan Whanidproject pada Minggu 24 Juli 2016 berlangsung di Omah Kebon Yogyakarta. Dimulai pukul 16.00 sampai 17.30 WIB, pertemuan ini membahas tentang persiapan calon aktor untuk mengikuti seleksi aktor pada tanggal 25 Juli 2016 di Omah Kebon Yogyakarta.

“Tidak hanya untuk menyeleksi para aktor sehingga kami bisa memilih aktor yang akan memainkan naskah-naskah Whani Darmawan di FKY 2016. Namun secara internal kami kawan-kawan Whanidproject  juga ingin membuka ruang silaturahmi dan pintu perbincangan dengan kawan-kawan para pecinta teater,”begitu tutur Muhammad Shodiq yang merupakan bagian dari Whanidproject membuka Tecnical meeting Kolase Teater Yogyakarta.

Selanjutnya Yopi dan Sali yang juga merupakan dari Whanidproject menyampaikan hal yang berkaitan dengan konsep artistik Kolase Teater Yogyakarta.

“Bahwa sangat niscaya dalam satu waktu di satu tempat yang sama akan terjadi sebuah peristiwa yang berbeda-beda. Entah berhubungan antara satu dengan yang lain atau tidak.  Namun dengan sebuah polesan komposisi yang menarik peristiwa yang bermacam-macam dalam satu waktu dan satu ruang itu akan menjadi sebuah pertunjukan. Walaupun setiap peristiwa membawa masalah yang berbeda-beda,”kata Yopi mengawali tentang konsep artistik Kolase Teater Yogyakarta. Hal ini disampaikan oleh Yopi untuk menegaskan bahwa pertunjukan monolog yang digarap tidak menggunakan hukum panggung konvensional.

“Bebaskah saya (aktor) menginterpertasikan teks dalam salah satu naskah Whani Darmawan dalam pertunjukan nanti atau mengikuti konsep yang disodorkan Whanidproject?” tanya Pasa salah satu calon aktor Kolase Teater Yogyakarta.

Menanggapi pertanyaan tersebut Sali yang juga dipasrahi sebagai penanggung jawab artistik pertunjukan tersebut menyampaikan bahwa harapan yang diinginkan oleh Whanidproject adalah proses dialog bukan murni membekali.

“Jadi bebas saja kalian ingin memahami teks itu seperti apa. Naskah itu akan kalian jadikan seperti gado-gado, lotek atau pecel itu bebas,”tanggapan Sali sambil tertawa dan membuat nuansa semakin akrab.

Technical meeting berakhir setelah beberapa peserta calon aktor benar-benar paham apa yang dikehendaki Whanidproject dalam seleksi aktor untuk mengawal acara Kolase Teater Yogyakarta. Beberapa point penting yang akan menjadi materi seleksi aktor adalah Dancing, Singing dan Acting serta gagasan aktor.

(Msd)

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.