Tentang Pementasan Body of Zen

Pasa tanggal 2 Agustus 2019 Whani Darmawan akan mementaskan karya panggung terbarunya, Body of Zen dalam perhelatan Daily  Performance  ArtJog 2019. Kemudian rencananya pada tanggal 1 sampai dengan 5 September 2019 akan digelar dalam perhelatan Asia Tri 2019 di kota Akita dan Tokyo Jepang. Berikut adalah gagasan-gagasan yang melatarbelakangi proses penciptaan itu.

Gagasan #01

Body of Zen : Beautiful Chaos

Body of Zen (BoZ) adalah pertunjukan gerak. Pertunjukan gerak ini berangkat dari kesadaran akan mobilisasi energi aktivitas sehari-hari. Energi berpikir, energi  merasa, dan gerak itu sendiri. Satu-satunya makna gerak yaitu mengalir bersama-sama dengan energi beriringan dalam mengolah keselarasan dan kesadaran yang dihidupi oleh semangat meditasi.  BoZ tak lagi dibebani oleh makna simbolik tendensius dan pretensius sebagai ‘kuda troya’ cerita.  BoZ menjadi mobilitas tubuh yang tidak (bisa) lagi dilihat (hanya) pada keutamaan gagasan, kelincahan dan kekuatan gerak, serta kelenturan tubuh.

#WhaniDProject adalah lembaga pelatihan pengembangan diri dan korporasi yg mengambil titik pijak pada psikologi dan keilmuan seni peran dalam teater (psycho theatre). Dua bidang yg ditangani adalah Theatre for Profesional (menangani pelatihan untuk para profesional di bidang masing-masing : komunikasi, public speaking, dll) dan Theatre for Art ( pelatihan calon aktor dan pendalaman materi estetika teater untuk kepentingan sosial kemasyarakatan ). Berdiri 2013, di Yogyakarta.

One thought on “Tentang Pementasan Body of Zen

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Back To Top
%d bloggers like this: