Eduteater

“Theatre by Request” ke Penang

“Theatre by Request” ke Penang

Harian Bernas, Kamis 22 Desember 2017, hal 15.

Theatre by Request (TbR) mendapat undangan dari Museum Negeri Penang MAlaysia melalui Bakawalee Penang Theatre MAlaysia untuk menyelenggarakan workshop theatre games pada 16 – 17 Desember 2016.

TbR diwakili Eko Santoso dan Andri Surawan. Workshop ini diperuntukkan bagi siapa saja yang berminat terutama pemula dan orang-orang yang ingin belajar atau mengenal teater.

Elemen-elemen teater diajarkan dan dipraktekkan melalui permainan-permainan kreatif.  Melalui permainan ini proses teater diajarkan mulai dari tahap pengenalan hingga sampai proses penciptaan teater secara sederhana.

Menurut Whani Darmawan, pimpinan WhaniDProject, selain workshop, akan dibicarakan kemungkinan pembentukan Theatre by Request (TbR) Malaysia d bawah manajemen Bakawalee Penang Theatre.
Seperti diketahui bahwa TbR adalah pertunjukkan interaktif improvisasional yang diinisiasi oleh Eko Santosa pada tahun 2010. Teater ini tergolong ke dalam applied theatre yang bergerak di bidang pendidikan dan bertujuan untuk membelajarkan elemen-elemen teater dan nilai kemanusiaan melalui peristiwa teater. Sepanjang perjalanannya, TbR telah dipentaskan di 22 kota di Indonesia.

Tbr pertama kali di bentuk di Studio Teater PPPPTK Seni dan Budaya Yogyakarta sebagai bagian dari progam pembelajaran teater untuk masyarakat. Pada bulan Desember 2016, untuk memperluas akses dalam penyebaran teater pendidikan, TbR berasa dibwah manajemen WhaniDProject dan kemudian disebut sebagai TbR Indonesia. Pada 12 Desember 2016, telah diselenggarakan pementasan TbR Indonesia perdana di bawah manajemen WhaniDProject, dipentaskan di depan perempuan perajin Gerabah Manado dan mahasiswa teater ISI Yogyakarta.

Terkait dengan misi pengembangan dan penyebarluasan teater interaktif improvisasional dengan muatan pendidikan inilah TbR dihadirkan di PEnang Malaysia untuk membuka kemungkinan pementasan dan pengelolaannya dibwah manajemen Bakawalee Penang Theatre.

“Semoga gayung bersambut dan TbR Malaysia dapat ditumbuhkan”

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.