News

Workshop Ketubuhan : Tubuh Aksi – Tubuh Yang Bicara

Workshop Ketubuhan : Tubuh Aksi – Tubuh Yang Bicara

Perkembangan seni tari terutama tari kontemporer telah semakin meluas dan makin bersifat lintas disiplin. Penari dan koreografer, semakin leluasa untuk mengolah segala bentuk dan media dalam karyanya. Ini tentu baik, namun demikian tidak boleh dikesampingkan bahwa sejak awal tari adalah seni gerak tubuh, maka kemampuan tubuh adalah hal yang utama untuk dijaga dan dikembangkan.

Seni gerak tubuh, tentu saja menuntut setiap diri penari dan atau koreografer memaksimalkan potensi dan kemampuan dasar tubuh yang utamanya harus memiliki “kekuatan”, “kelenturan” dan “keseimbangan”. Ramuan yang pas dari kekuatan-kelenturan-keseimbangan inilah, ditambah dengan penjiwaan dan daya cipta gerak serta aksesori penyusun konteks yang membuat sebuah karya tari akan mampu “berbicara”, mewakili dan bahkan meliputi komunikasi perihal tertentu yang dikehendaki oleh pembuat karya (koreografer).

Mendukung hal tersebut, Paradance melalui program Paradance Klub Belajar bekerjasama dengan WhaniDproject berinisiatif menyelenggarakan Workshop Olah tubuh (ketubuhan) dengan tema “Tubuh Aksi – Tubuh Yang Bicara”. Workshop ini sedikit berbeda dengan menggandeng pembimbing/nara sumbher dari disiplin seni teater/keaktoran. Ini bermaksud menawarkan kepada peserta (penari dan atau koreografer) untuk memperoleh suatu pengalaman lain dalam metode latihan–atau setidaknya pengantar untuk mengeksplorasinya–untuk memahami unsur penjiwaan dan daya cipta gerak sehingga tubuh (gerak tubuh) mampu “berbicara” menyampaikan suatu perihal atau konteks tertentu tanpa bergantung pada aksesori atau media lain dalam penampilan/pertunjukannya, tentu dari sudut pandang keaktoran yang memandang gerak tubuh sebagai komunikasi sebagaimana wahana yang digeluti oleh pembimbing/nara sumber.

Dipandu oleh Whani Darmawan, seorang aktor dan pelatih seni peran berbasis tubuh, workshop ini akan diselenggarakan pada 3 Maret 2018 di Omah Kebon Nitiprayan Guesthouse. Anda penari dan koreografer muda yang berminat bisa mendaftarkan diri melalui chat WhatsApp ke 0856 2571 022 dengan menyebutkan NAMA/TGL LAHIR/Alamat serta membayar biaya sebesar Rp 80.000. Workshop ini hanya menerima 20 pendaftar saja.

Workshop Ketubuhan : Tubuh Aksi – Tubuh Yang Bicara adalah mata kegiatan Paradance yang diberdayakan oleh Adisukma Inisiatif bekerjasama dengan WhaniDproject serta Omah Kebon Nitiprayan Guesthouse.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.